Home » » 4 Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Skoliosis

4 Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Skoliosis

            Banyak orang yang khawatir olahraga berat dan melakukan gerakan secara terus-menerus akan memperburuk gejala dan keadaan pengidap skoliosis. Padahal, melakukan beberapa aktivitas fisik ringan sangat bermanfaat bagi pengidap skoliosis dan memainkan peran besar dalam keberhasilan pengobatan. Dikutip dari laman spinmd.com, berolahraga tidak hanya memperkuat otot inti yang menopang tulang belakang, tetapi juga membantu menjaga tubuh tetap gesit serta mencegah kekakuan. Beberapa latihan bahkan dapat menghentikan perkembangan skoliosis dan membantu mengurangi kelengkungan dengan melatih kembali otak untuk memperbaiki postur tulang belakang. Perlu diingat, selain melakukan olahraga ringan, disarankan juga untuk tetap melakukan  perawatan skoliosis terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

4 Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Skoliosis

Nah, berikut beberapa kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan secara aman oleh penderita skoliosis.


1.      Berenang

Berenang sangat dianjurkan karena membantu memperkuat tulang belakang. Anda tidak akan mengalami goncangan seperti pada olahraga lainnya, selain itu, tekanan pada tulang belakang juga tidak terlalu berat. Berenang membantu membangun otot, meningkatkan daya tahan dan kelenturan, juga menggunakan lebih banyak otot tubuh. Penggunaan otot saat berenang juga lebih seimbang dan simetris. Selain itu, air dingin meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh dan dapat bertindak sebagai pereda stres. Hindari renang secara intensif jika Anda menderita skoliosis toraks, karena berenang selama berjam-jam setiap hari dapat menyebabkan tulang belakang dada rata dan memulai perkembangan kurva.

 

2.      Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang melatih kardiovaskular dengan dampak yang rendah tanpa memperburuk kondisi skoliosis. Meski begitu, perhatikanlah postur tubuh saat bersepeda, jaga agar punggung tetap lurus dan kepala sejajar dengan bahu Anda. Hindari bersepeda off-road karena guncangan akan menekan tulang belakang, menekan cakram, dan meningkatkan rasa sakit.

 

3.      Plank

Olahraga ini juga dapat membantu memperkuat otot inti dan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Cara melakukan olahraga plank pun mudah, ada banyak tutorial melakukan plank yang bisa Anda lihat di berbagai platform online. Pertama, letakkan lengan bawah dan lutut di lantai, dengan siku di bawah bahu. Tahan posisi tersebut semampu Anda, kemudian angkat lutut dari lantai dan pertahankan posisi tubuh dengan jari-jari kaki, saat tubuh telah siap untuk menahan beban yang lebih besar.

 

4.      Peregangan

Peregangan yang dilakukan secara simetris dapat meredakan ketegangan dan membantu memulihkan rentang gerak. Dalam beberapa kasus, jenis olahraga ini bahkan dapat membantu memperbaiki lengkungan tulang belakang. Seperti halnya latihan kekuatan, berhati-hatilah saat melakukan peregangan karena tidak semua peregangan bermanfaat bagi penderita skoliosis. Saat berlatih yoga, misalnya, gunakan pose yang dimodifikasi untuk menggantikan posisi yang meregangkan atau memutar tulang belakang secara drastis.

 

Meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya konsultasikanlah terlebih dulu kepada dokter sebelum memulai latihan Anda. Cari tahu mana olaharaga atau latihan yang aman untuk kondisi tulang belakang Anda. Semoga bermanfaat. 

Thanks for reading & sharing mywayusa.info

Previous
« Prev Post
IBX5B88E5E0510C0